Indonesia All Legends vs AC Milan Glorie 2013

Minggu, 25 September 2011

A.C. Milan - Perubahan Logo dari Masa ke Masa



Olah Raga khususnya Sepakbola kini tengah memasuki ranah industri berlabel korporasi-komersialisasi. Dan, salah satu konsekuensinya adalah mengikuti kemauan sekaligus beradaptasi dengan 'pasar'. Milan kini tak ubahnya sebuah perusahaan besar yang memungkinkan adanya perombakan bahkan revolusi di manajemennya guna mencapai kesuksesan yang lebih besar lagi.

Seiring dengan perkembangan zaman, Milan melakukan banyak perubahan. Salah satu perubahan-perubahan mendasar yang dilakukan Milan adalah dengan "REBRANDING" atau "REFRESH LOGO."

Umumnya, selain bertujuan untuk menjadi lebih baik lagi, sebuah perusahaan memiliki makna filosofis dalam hal yang melatarbelakangi rebranding atau refresh logo tersebut. Demikian juga dengan Milan, refresh-refresh logo yang dilakukan Milan lebih kepada faktor historis-visioner. Maksudnya, dalam menjalani musim-musim baik di liga domestik maupun mancanegara Milan -sebagaimana klub sepak bola pada umumnya- mengalami dinamika serta fluktuatif gelar. Terkadang naik, kemudian turun bahkan sempat mengalami masa transisi (kasus calciopoli). Sehingga untuk memacu skuad mencapai puncak prestasi "Dream Team", maka Milan melakukan semacam stimulus dengan melihat sejarah kejayaan masa keemasan Milan sebelum-sebelumnya sehingga dapat melahirkan gelar-gelar baru.

Salah satu hal termudah untuk memvisualisasi tujuan tersebut adalah dengan membuat 'icon' berupa penyegaran lambang utama (refresh logo). Adalah kombinasi-kombinasi logo-logo sebelumnya dengan beberapa hal yang merupakan karakteristik Milan itu sendiri.

Berikut adalah urutan-urutan perubahan logo A.C. Milan dari masa ke masa:

Redaksi 'Sekarang' pada alur logo di atas (1998-Sekarang) sebenarnya keberlakuan yang dimaksud adalah 1998-2008. Sehingga ada refresh kembali yang dilakukan Milan terhitung tahun 2009-sekarang. Sebagian Milanisti atau pemerhati Milan tidak terlalu teliti dengan refresh sekarang, karena memang perubahan yang dilakukan jika dilihat sekilas tidak jauh berbeda, namun secara substansi jelas berbeda.

Berikut adalah komparasi logo-logo yang dimaksud (antara logo 1998-2008 dan 2009-sekarang):

Logo Milan 1998-2008

Logo Milan 2009-Sekarang

Penjelasan teoritis terkait dengan perbedaan logo di atas, yakni berdasarkan pada 4 bagian:
1. Kombinasi garis merah-hitam
2. Bentuk tanda 'plus'
3. Redaksi 'ACM'
4. Lingkar luar (perisai logo)

Pada logo terbaru (komparasi dengan logo sebelumnya):
1. Kombinasi garis merah-hitam
urutan garis hitam lebih dahulu kemudian diikuti garis merah, sehingga tampak lebih simetris terlihat jelas masing-masing garis berjumlah tiga buah. sementara di logo lama (sebelumnya), kesimetrian dari jumlah garis tidak terlalu jelas karena garis hitam yang ketiga terletak di akhir dan beririsan dengan lingkar utama (bulat simetris) dari logo.
2. Bentuk tanda 'plus'
jauh lebih tebal dari sebelumnya, guna mempertegas histori pendirian klub ini. Yakni dari orang-orang Inggris (jika diperhatikan: kombinasi tanda 'plus' berlatar putih jika dipisahkan dari kombinasi garis merah-hitam maka akan jelas terlihat bendera negara Inggris). Sehingga lingkar utama (bulat simetris) memiliki makna filosofis bahwa klub ini didirikan oleh orang-orang Inggris di tanah italia dengan kombinasi warna khusus 'rossoneri' yang berarti merah-hitam. Identitas warna klub adalah Merah dan Hitam, sementara identitas pendirinya adalah Inggris (Merah dan Putih). Jadi kombinasi total warna A.C. Milan adalah Merah, Hitam, dan Putih. Hal inilah kemudian tervisualisasikan dalam bentuk jersey (Home: merah-hitam, Away: putih, Third: hitam).
3. Redaksi 'ACM'
sedikit lebih renggang (hanya perkara jarak).
4. Lingkar luar (perisai logo)
sedikit lebih tebal (hanya perkara ukuran)



ITALIAN:
Sport soprattutto il calcio sta entrando nel regno delle etichette aziendali del settore commercializzazione. E, una delle conseguenze è quella di seguire la volontà allo stesso tempo, adattarsi al 'mercato'. Milano è ora come una grande azienda che consente di riforma e rivoluzione, anche in gestione al fine di ottenere un successo ancora maggiore.

Insieme con i tempi, Milano apportare molti cambiamenti. Uno dei cambiamenti fondamentali che hanno reso Milano è un "rebranding" o "LOGO AGGIORNA".

In generale, oltre l'obiettivo di diventare ancora migliore, una società ha un significato filosofico alle spalle in termini di rebranding o aggiornare il logo. Allo stesso modo, Milano, aggiorna-refresh logo Milano fatto di più per fattori storico-visionarie. Cioè, nel vivere le loro stagioni in campionato sia interni che esteri, come Milano, squadra di calcio in generale-esperienza dinamiche, nonché il grado fluttuante. A volte va in su, poi giù anche un solo in transizione (caso Calciopoli). Allo scopo di rafforzare la squadra raggiungere la vetta del successo "Dream Team", quindi fare una sorta di stimolo a Milano per vedere la gloria del periodo d'oro della storia del Milan mai in modo che possa sopportare i nuovi titoli.

Uno dei più facili per visualizzare l'obiettivo è quello di rendere il 'icona', sotto forma di aggiornamento principale simbolo (logo di aggiornamento). Sono combinazioni di logo precedente, con un paio di cose che sono caratteristici di Milano stessa.

Spiegazioni teoriche legate alle differenze nel logo in alto, che si basa su quattro parti:
1. La combinazione di linee rosse e nere
2. Formano il 'plus'
3. 'ACM' editori
4. Anello esterno (logo scudo)

Nel logo più recente (un confronto con il logo precedente):
1. La combinazione di linee rosse e nere
ordine della linea nera e poi seguita la linea rossa, in modo che appaia perni più simmetrica ciascuna linea di tre pezzi. mentre nel vecchio logo (prima), la simmetria della linea non è troppo evidente perché la terza linea nera si trova alla fine e si intersecano con l'anello principale (l'simmetrico) del logo.
2. Formano il 'plus'
molto più spesso rispetto al passato, al fine di rafforzare la fondazione storica di questo club. Vale a dire dal popolo britannico (se nota: la combinazione del background 'plus' bianco se lo si separa dalla combinazione di linee rosse e nere sarà chiaramente visibile bandiera dell'Inghilterra). Quindi l'anello principale (rotondo simmetrico) ha un significato filosofico che il club è stato fondato da inglesi in terra d'Italia con una speciale combinazione di colori 'rossoneri', che significa rosso-nero. L'identità dei colori sociali sono rosso e nero, mentre l'identità dei suoi fondatori sono inglesi (rosso e bianco). Quindi le combinazioni di colori totale in corrente alternata Milano è il Rosso, Nero e Bianco. Questo è quindi visualizzati sotto forma di maglia (Casa: rosso-nero, Away: bianco, Terzo: nero).
3. 'ACM' editori
un po 'più tenue (unico caso la distanza).
4. Anello esterno (logo scudo)
leggermente più spesso (solo formato caso)

1 komentar:

  1. blognya bagus, Mas.
    dapet info ni dari fesbuk
    salam Milanisti juga. ^_^
    FORZA Milan

    BalasHapus